Kamis, 21 November 2013

Indonesian Street Art Database Festival 2013




Festival ISAD
Pameran Arsip dan Dokumentasi Street Art


Street art adalah salah satu aktifitas berkesenian yang berada di dalam ruang publik. Street art hadir bisa sebagai dekorasi kota yang artistik namun di sisi lain juga dapat hadir sebagai media alternatif untuk menyuarakan aspirasi sosial, politik dan budaya.

Di Indonesia sendiri, pergerakan street art terlihat sangat signifikan dalam satu dekade terakhir. Tidak hanya di kota besar, tetapi juga di kota-kota kecil, semakin banyak kita temui karya-karya di ruang-ruang publik. Namun, perkembangan ini tidak diiringi oleh aktivitas pendokumentasian dan pengarsipan karya street art di berbagai medium, seperti foto, video, audio, maupun arsip tertulis yang memadai.

Berangkat dari fakta tersebut, Indonesian Street Art Database (ISAD) yang selama ini telah memetakan dan mengidentifikasi individu maupun komunitas street art di Indonesia, terutama di daerah-daerah luar Jawa, berinisiatif untuk menyelenggarakan Festival ISAD. Dalam festival ini akan memperlihatkan perjalanan dan perkembangan street art di Indonesia melalui dokumentasi dan arsip yang selama ini sudah dikelola oleh jejaring ISAD di 12 Kota, baik inisiatif individu dan komunitas. 

Festival ISAD 2013 akan memamerkan berbagai arsip foto, poster, kliping, video dan teks mengenai perkembangan street art di kota-kota seperti Aceh, Jakarta, Kendal, Kudus, Kuningan, Magelang, Medan, Pekalongan, Semarang, Solo, Tanggerang dan Wonosobo.

Selain serangkaian pameran arsip, Festival ISAD juga akan diisi oleh pemutaran film dari Hiphopindo.net,video screening dan diskusi dari INA Walls, pemberian Indonesian Street Art Awards, presentasi khusus dari Tembok Bomber, bazaar komunitas, lokakarya Graffiti dari CK Graffiti Forum dan juga penampilan musik antara lain dari Yacko, Indobeatbox, Jhonsound & Night Club, Kojek, Racun Kota, Dangerdope dan masih banyak lagi.

Festival ISAD 2013 akan dilaksanakan mulai tanggal 23 November hingga 1 Desember 2013, bertempat di Rumah Bintang, Jalan Pasar Minggu Raya no. 33, Jakarta Selatan.

PROGRAM ACARA

PEMBUKAAN
Sabtu, 23 November, 2013 | 19.00
Dibuka oleh Danuri a.k.a Pak Nur

Live Painting: Komunitas Street Art & Artcoholic

Pertunjukan Musik | 19.35 - 22.00
DJ Bols Q, Kojek, Racun Kota, Danger Dope

PAMERAN
24 November - 1 Desember, 2013
10.00 - 20.00

Pameran Arsip
Aceh, Jakarta, Kendal, Kudus, Kuningan, Magelang, Medan, Pekalongan, Semarang, Solo, Tanggerang, Wonosobo

Presentasi Khusus Tembok Bomber


PROGRAM PUBLIK
Minggu, 24 November, 2013
Video Screening & Diskusi: INA Walls | 14.00
BlackBook; Film Dokumenter Hip-hop Indonesia: HiphopIndo.net | 14.30
Community Gathering & Presentasi | 16.30
Indonesian Street Art Awards| 19.30

PENUTUPAN
Minggu, 1 Desember, 2013 | 12.00 - 22.00
Bazaar Komunitas
Sketsa/Lokakarya Graffiti oleh CK Graffiti Forum

Pertunjukan Musik |18.30 - 22.30
Indobeatbox, Yacko, Jhonsound & Night Club, DJ Gantung, Delay Tribe


INFORMASI
Lisna Atmadiardjo
Media Relasi dan Komunikasi
085215565835
lisnaadwi@gmail.com


Lisna Dwi
Festival ISAD
Media Relations and Communication
m: 085215565835
@Lisnaadwi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More